Cara Memblokir Video Youtube Yang Mengandung Unsur Sara

Youtube ketika ini menjadi salah satu penyedia video online gratis yang paling banyak diminati oleh para warganet di seluruh dunia. Jutaan pemirsa bahkan puluhan juta, atau mungkin ratusan juta pemirsa dari aneka macam serpihan dunia setiap hari menontonnya. Entah itu dari kalangan konglomerat, kelas menengah, miskin, pemuda, tua, laki-laki maupun wanita, semuanya sudah terbiasa menontonnya.

Bahkan berdasarkan aku pribadi, di kurun kini ini YouTube sudah menjadi steraming atau tontonan pengganti televisi. Karena apa yang sedang tayang di televisi (live) maupun sebelum dan sesudahnya, niscaya di Youtube juga tayang.

Jadi, bila aku mau berasumsi, kemungkinan besar dalam kurun waktu 7 - 10 tahun yang akan datang, nasibnya televesi akan sama dengan nasibnya radio. Yaitu hanya diminati oleh para kalangan-kalangan tertentu saja. Palingan yang nonton hanya seumuran ibarat emak-emak kita. Sedangkan untuk se usia ibarat kalian ini, mungkin sudah tidak demen lagi untuk nonton TV. Kenapa demikian? Karena di Youtube Channelnya lebih komplit dan mau nonton apa saja tinggal pilih hiburan apa yang kita inginkan.

Mau nonton olah raga ibarat sepak bola dan motogp oke, mau nonton komedi ala Sule dan Andrey Tulany oke, mau nonton misteri juga oke, mau nonton program ibarat Mata Nadjwa juga oke. Jangankan cuma acara-acara ibarat itu, mau nonton film adegan vanaz ibarat video anu dan anu kita tinggal cari saja disana.

Akan tetapi terkadang ada juga video-video yang statusnya melanggar hukum (TOS: Term of Service) atau ketentuan yang sudah di memutuskan oleh pihak Youtube sendiri namun masih tetap berkeliaran disana. Misalnya video yang di dalamnya mengandung atau bermuatan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Dalam kasus SARA ini yang paling secara umum dikuasai biasanya terletak pada pelecehan terhadap suatu Agama. Dan yang jadi korbannya yakni rata-rata agama Islam. Di sana banyak sekali video-video yang melecehkan agama islam namun videonya masih belum di blokir oleh pihak Youtube. Malah video yang bersangkutan semakin hari semakin eksis.

Salah satu tumpuan yang paling viral kini ini yakni video Youtube yang berjudul " MC Nando e MC Luanzinho Vem Dançando Video Clipe DJ Leozinho MPC ". (Video ini isinya musik hip-hop yang di selingi oleh beberapa ayat Suci Al-Qur'an plus di iringi dengan adegan joget perempuan erot!$). Video ini pertama kali di upload atau di publikasikan ke khalayak umum pada tanggal 19 September 2017 oleh Youtuber asal Brazil (kalau tidak salah) dengan alamat Channel GR6 EXPLODA official.

Sebagai umat muslim, tentu kita tidak akan terima dengan hal itu dan sudah sewajarnya kita wajib lapor ke pihak youtube supaya video tersebut sesegera mungkin diblokir. Karena isi dari video tadi memang benar-benar melecehkan umat muslim di seluruh dunia dan rasanya gimana gitu.

Tapi Alhamdulillah berkat banyaknya orang yang melaporkan video ini, kini video tersebut sudah di blokir oleh pihak Youtube. Dan kini kalaupun ada video yang judul dan durasinya sama, itu hanyalah video yang di re-upload ulang oleh channel-channel yang lain.

Apakah kita harus membiarkan video yang di Re-upload ulang tersebut? Tidak!!! Itu kan cuma channelnya saja yang beda sedangkan videonya tetap sama. Makara kita wajib melaporkannya supaya video-video tadi di blokir permanent oleh Youtube.

Lalu bagaimana caranya supaya video -video tersebut nantinya dapat di blokir? Ya kiprah kita harus melaporkan dulu ke pihak Youtube. Cara melaporkannya silahkan ikuti step by step di bawah ini.

Cara Pertama:
1). Pertama cari dulu video sasaran yang ingin di laporkan di seacrh/pencarian YouTube.
Misalnya dalam kssus ini targetnya yakni video "  MC Nando e MC Luanzinho Vem Dançando Video Clipe DJ Leozinho MPC ". Silahkan di copy gan, dan pastekan di pencarian YouTube. Karena disana duplicatenya (re-upload) masih ada. Bahkan lebih banyak daripada yang sebelumnya (sebelum yang orisinil di blokir).

2). Kemudian bila video sasaran sudah di temukan, kini buka videonya. Kalau sudah berjalan kemudian diamkan (stop/pause) sejenak. Kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas. Lalu pilih Laporkan.

3). Selanjutnya tinggal pilih jenis konten yang berdasarkan agan tidak sesuai dengan kebijakan YouTube. Atau dengan kata lain ada pihak yang di lecehkan atau di rugikan oleh video tersebut.

Contoh disini aku menentukan " Konten bernada kebencian atau kasar".

4). Kemudian yang terakhir klik "LAPORKAN". Selesai!!!!

Cara Kedua:
Bagi pengguna yang kebetulan masih memakai aplikasi Youtube yang sudah lawas ibarat versi 5.1.10 dan semacamnya, kalian dapat melaporkannya dengan cara sebagai berikut :

1). Pertama buka video Youtube yang ingin di laporkan / di blokir.

2). Kemudian klik tanda bendera yang ada di sebelah kanan tombol Dislike.

3). Lalu untuk langkah selanjutnya, samakan dengan step by step ibarat langkah di cara yang pertama tadi. Selesai.

Catatan :
Cara diatas bukan hanya untuk melaporkan video yang mengandung unsur Sara saja melainkan juga dapat di gunakan untuk melaporkan video-video yang isinya berupa ancaman, menyesatkan, teroris, melanggar hak cipta dan lain-lain. Makara pada dasarnya bila kalian menemukan sebuah video yang sifatnya dapat berbahaya atau merugikan orang lain, silahkan laporkan ke pihak YouTube supaya video tersebut segera di blokir.

Semakin banyak orang yang melaporkan video tersebut maka semakin cepat pula video itu di proses (blokir). #mdrc.com

Akhir goresan pena untuk kalian semua!!!
Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memblokir Video Youtube Yang Mengandung Unsur Sara"

Post a Comment